Benarkah Minum Kopi Menambah Produktifitas Seseorang

Ketika seseorang mengalami stuck dalam sebuah pekerjaannya, atau mungkin sedang mengalami stres karena dikejar deadline, lalu apa yang membuatnya bangkit kembali untuk melanjutkan kerja kreatif mereka. Apakah minum kopi hanya sebuah sugesti atau memang kopi memberikan manfaat langsung bagi peminumnya untuk melanjutkan produktifitas mereka?

JIKA pun hanya sugesti, secangkir kopi sangat berhasil memberikan motivasi lebih untuk banyak orang yang sedang butuh penyemangat ketika kerja rutinnya mulai terasa melelahkan. Secangkir kopi memberikan tenaga baru, untuk mulai menyelami lagi kemampuan otak untuk terus berkarya. Namun ternyata bukan hanya itu saja, kopi bukan sekadar sugesti untuk membuat orang tetap memberikan daya kerja mereka, tapi kopi memang mempengaruhi seseorang secara nutrisi yang terkandung di dalamnya.

SUASANA KEDAI KOPI ATAU SECANGKIR KOPI

Kedai kopi dijadikan sebuah tempat kerja, sebuah tren atau memang ada suasana di kedai kopi yang tidak ada di tempat lain. Banyak sekali karya-karya yang dimulai dari kedai kopi. Apakah karena suasana kedai kopi yang nyaman sehingga memberikan kesan pada otak untuk lebih produktif, atau karena secangkir kopinya yang memberikan stimulus pada sistem kerja otak untuk berpikir kreatif.

Baca Juga:   7 Taman Kota Gratis Untuk Melarikan Diri Dari Ibukota Jakarta

Namun jangan mengabaikan suasana yang tercipta dari kedai kopi, suasana kedai kopi yang nyaman juga memberikan efek stimulus bagi otak. Pada dasarnya otak bekerja menerima rangsangan dari luar melalui indera, sebabnya otak akan merespon segala halnya. Suasana kerja yang baru, memberikan motivasi untuk bekerja lebih giat, ini sama halnya dengan suasana kerja di kedai kopi yang selalu menawarkan hal baru apakah itu sajian kopinya atau orang yang berkunjung ke kedai kopi saling berganti.

Menurut kamu, apa yang membuat seseorang betah berlama-lama mengerjakan tugas di kedai kopi, apakah sajian kopinya atau suasana kedai kopinya?

TERJEBAK RUTINITAS YANG TAK PRODUKTIF

Percaya atau tidak, ketika seseorang mulai kelelahan dengan banyaknya aktifitas kerja, maka daya kreasi juga menurun. Alhasil, banyak pekerjaan tertunda dan terlalaikan. Tapi, mengapa ketika sedang lelah-lelahnya dengan hanya menikmati secangkir kopi untuk istirahat sejenak, semacam ada suntikan baru dari kepala hingga ke seluruh tubuh. Hal ini karena otak manusia melepaskan rangsangan baru setelah minum secangkir kopi, aktifitas ini adalah berkat kerja dari senyawa dopamin yang dilepaskan oleh otak.

Baca Juga:   Cara Membuat Desain Kantor Minimalis yang Elegan

Senyawa dopamin ini dilepaskan oleh otak manusia sebagai bentuk respon dari secangkir kopi yang diminumnya. Efek ini lebih mudah dimengerti ketika, seseorang mangantuk dan lelah setelah minum kopi maka segar kembali. Nah dari sinilah senyawa dopamin berperan, dan tiap orang punya kemampuan untuk melepaskan senyawa dopamin dalam tubuh mereka namun dengan kadar yang berbeda. Sebabnya ada yang hanya minum kopi sedikit langsung kembali segar, dan ada yang harus minum banyak barulah tubuh kembali energik.

Secara tidak langsung, kopi akan memberikan kesan pada neurotransmiter seseorang untuk menghantarkan sinyal atau rangsangan pada antar sel saraf. Jangan heran jika penikmat kopi lebih kreatif, karena otak mereka terbiasa berpikir optimal setelah menikmati kopi.

Sumber: OttenCoffee

Leave a Reply