Kemenperin Dorong Pertumbuhan Perusahaan Rintisan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berharap semakin banyak perusahaan rintisan (startup) di dalam negeri. Upaya ini untuk mengajak generasi muda Indonesia agar mengikuti perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 guna memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

Menperin Airlangga Hartarto menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendorong target tersebut adalah menggandeng startup ternama, PT Amazon Web Service Indonesia. Perusahaan rintisan ini diajak menjadi pembicara dalam Workshop Cloud Computing di Kemenperin, Jakarta, Kamis (6/9).

“Dengan kami pilih startup yang bisa ‘dikomersialkan’ ini, akan membuat para peserta menjadi semangat,” ujar Airlangga dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (7/9).

Lokakarya Cloud Computing merupakan kegiatan awal dari serangkaian agenda Making Indonesia 4.0 Startup yang diluncurkan oleh Kemenperin. Sebanyak 100 peserta mengikuti lokakarya yang berlangsung selama dua hari, tanggal 6-7 September 2018. Kompetisi inovasi teknologi yang dilaksanakan hingga November 2018 ini akan memacu daya saing industri kecil dan menengah (IKM) nasional.

Baca Juga:   Ruangguru, Startup Pendidikan Incar Status Unicorn

Menurut Airlangga, salah satu kunci dalam mendukung pengembangan industri nasional adalah peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM). Banyak program yang sudah dibuat untuk anak muda, misalnya mendorong technopark seperti Apple Academy.

Selain itu, Kemenperin juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan, seperti NTT Communication serta melibatkan banyak kelompok masyarakat dan new entrepreneur. Ini yang harus kita masifkan ke publik sehingga masyarakat mengetahui peluangnya begitu besar di era digital,” ucap Airlangga.

Baca Juga:   Digital Startup Connect 2018

Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih menyampaikan, kompetisi Making Indonesia 4.0 Startup dapat menjadi pemicu bagi masyarakat khususnya para perusahaan rintisan untuk menjajaki potensi pasar yang baik di sektor industri. Sasaran dari program kompetisi tersebut adalah startup binaan perguruan tinggi, inkubator bisnis, pemerintah daerah, bahkan BUMN dan swasta.

“Kami senang dengan respons masyarakat terhadap teknologi baru terbukti dengan banyaknya pendaftar Workshop Cloud Computing ini,” ucap Gati.

Sumber: Republika.co.id

Leave a Reply