8 Contoh Masalah Sosial dalam Masyarakat yang Umum Terjadi

Adanya perubahan zaman yang menuju kehidupan yang lebih baik tidak menjamin akan hilangnya masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat. Justru semakin berkembangnya zaman maka semakin  banyak pula masalah-masalah sosial bermunculan dalam masyarakat. Masalah sosial sendiri merupakan suatu masalah yang berhubungan dengan nilai-nilai sosial maupun yang berhubungan dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan. Disebut sebagai masalah sosial karena berkaitan dengan gejala-gejala atau suatu kondisi yang mengancam ketentraman didalam masyarakat.

Sebelum membahas tentang beberapa contoh masalah sosial dalam masyarakat, kita perlu memahami terlebih dahulu apa yang disebut dengan masalah sosial. Berbagai definisi tentang masalah sosial diutarakan berbeda oleh para ahli, salah satunya yang dijelaskan oleh Bulmer dan Thompson. Mereka mendefinisikan masalah sosial sebagai suatu kondisi yang terjadi didalam masyarakat dan dapat mengancam nilai-nilai dalam masyarakat, sehingga dapat memberikan dampak pada sebagian besar anggota masyarakat. Disamping itu, Martin S. Weinberg juga berpendapat bahwa masalah sosial merupakan suatu kondisi yang bertentangan dengan nilai-nilai penting dalam masyarakat, dimana anggota masyarakat sepakat untuk melakukan suatu tindakan guna mengubah kondisi tersebut.

ADVERTISEMENT

Dari penjelasan beberapa ahli diatas tentang masalah sosial, dapat ditarik kesimpulan mengenai definisi atau pemahaman masalah sosial secara general. Jadi, masalah sosial dapat dipahami sebagai suatu kondisi yang tidak sesuai atau dapat mengancam nilai-nilai penting dalam masyarakat, dimana masyarakat tidak menginginkan kondisi tersebut , sehingga masyarakat sepakat untuk melakukan suatu tindakan untuk mengatasinya.

Masalah-masalah sosial yang muncul dalam masyarakat merupakan suatu dampak dari aspek-aspek perubahan sosial dalam perkembangannya, termasuk dalam proses perkembangan masyarakat global. Tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan-perubahan sosial dalam masyarakat dapat juga berdampak positif atau bermanfaat bagi anggota masyarakat, tetapi kondisi ini jugalah yang dapat mengakibatkan goncangan atau hambatan dalam berlangsungnya kehidupan bermasyarakat, terlebih lagi jika perubahan sosial terjadi secara terus-menerus dan berlangsung secara cepat. Secara general, terdapat 4 faktor penyebab masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Keempat faktor tersebut adalah :

  1. Faktor Ekonomi – faktor ini berkaitan dengan ketidakmampuan anggota masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka sehingga mengakibatkan terjadinya kesenjangan sosial. Pemerintahlah yang biasanya dianggap bertanggung jawab karena gagal dalam menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup.
  2. Faktor Budaya – faktor ini disebabkan oleh adanya ketidak sesuaian pelaksanan nilai-nilai atau norma dalam masyarakat sehingga menimbulkan perbedaan yang mendalam dengan apa yang terjadi atau berlangsung dengan realita yang ada.
  3. Faktor Biologis – faktor ini disebabkan oleh ketidak sesuaian kondisi lingkungan yang ada seperti kurangnya fasilitas kesehatan, pendidikan, dan yang lainnya.
  4. Faktor Psikologis – faktor ini berhubungan dengan pola pikir masyarakat terhadapa suatu tatanan kehidupan bermasyarakat.

Contoh Masalah Sosial dalam Masyarakat

Interaksi sosial antara individu, individu dengan kelompok, maupun atar kelompok dapat juga menjadi awal mula munculnya suatu masalah sosial didalam masyarakat. Setelah memahami pengertian masyarakat dan beberapa faktor penyebabnya, dapat dilihat di kehidupan nyata beberapa contoh masalah sosial yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat. Berikut beberapa contoh masalah sosial dalam masyarakat:

  • Masalah Kemiskinan

Kemiskinan merupakan masalah sosial yang sampai sekarang masih belum dapat diselesaikan dengan baik, bahkan terus berlangsung atau bahkan meningkat di berbagai belahan dunia. Dalam konteks negara, masalah kemiskinan bukan hanya terjadi di negara yang kurang berkembang saja tetapi juga terjadi di beberapa negara maju dan berkembang. Kemiskinan merupakan suatu keadaan dimana terjadi ketidaksanggupan atau ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan pokok seperti kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Adanya kemiskinan menyebabkan rendahnya pendapatan per-kapita suatu negara, hal ini juga erat kaitannya dengan minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia.

Baca Juga:   Hoaks Makin Subur, Kondisi Sosial Masyarakat Sedang Sakit

Selain itu kurang berkembangnya pola pikir masyarakat juga menjadi faktor lain masih adanya masalah kemiskinan dalam masyarakat. Mereka yang dapat beradaptasi dengan perubahan sosial dengan baik dan dapat berpikir secara terbuka akan dengan mudah menghindari masalah kemiskinan ini. Negara harus mengambil langkah cepat dalam upaya mengurangi tingkat kemiskinan, karena tingginya tingkat kemiskinan dapat menyebabkan munculnya masalah sosial lainnya seperti masalah kriminalitas, kesenjangan sosial ekonomi, dan yang lainnya.

  • Masalah Pengangguran

Masalah pengangguran juga erat kaitannya dengan masalah kemiskinan yang terjadi di dalam masyarakat. Masalah penggangguran dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti rendahnya kualitas sumberdaya manusia karena rendahnya kualitas pendidikan dan keterampilan, dan berkembangnya mesin canggih yang menggantikan tenaga manusia. Selain itu, masalah pengangguran juga erat kaitannya dengan minimnya lapangan pekerjaan yang tersedia tetapi semakin meningkatnya jumlah penduduk. Hal ini yang harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dalam upaya mengatasi masalah pengangguran yang ada.

  • Masalah Kependudukan

Salah satu contoh masalah kependudukan adalah meningkatnya jumlah penduduk secara berkala. Hal ini disebabkan karena lebih tingginya angka kelahiran dibanding dengan angka kematian. Tingginya jumlah penduduk mengakibatkan persebaran penduduk yang tidak merata dan adanya kepadatan penduduk. Kepadatan penduduk juga dapat menyebabkan masalah sosial lainnya, seperti masalah kemiskinan, pengangguran, hingga masalah lingkungan sehingga dibutuhkan upaya yang nyata dalam mengatasi masalah kependudukan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menekan laju pertumbuhan penduduk melalui program keluarga berencana.

  • Masalah Pendidikan

Rendahnya kualitas pendidikan dan minimnya fasilitas atau kesempatan mendapatkan pendidikan merupakan salah satu faktor munculnya masalah sosial pendidikan dalam masyarakat. Sebagai contoh, banyaknya anak dibawah umur yang ikut bekerja untuk membantu ekonomi keluarga. Ketidakmampuan dalam membiayai sekolah serta faktor kemiskinan merupakan alasan utama rendahnya kesempatan pendidikan dalam masyarakat. Hal ini berakibat pada rendahnya kualitas sumberdaya manusia yang juga erat kaitannya dengan masalah pengangguran dan kesenjangan sosial.

  • Masalah Kesenjangan Sosial Ekonomi

Ketidak merataan pembangunan di daerah-daerah dan rendahnya mobilitas sosial merupakan faktor utama munculnya kesenjangan sosial ekonomi. Masalah sosial ini dapat dilihat dari perbedaan jarak antara yang disebut sebagai masyarakat mampu atau kelompok atas dengan masyarakat kurang mampu atau masyarakat bawah. Masyarakat mampu dan masyarakat tidak mampu merupakan salah satu contoh status sosial yang ada di masyarakat. Adanya masalah kesenjangan sosial ekonomi juga dapat mempengaruhi munculnya berbagai macam masalah sosial lainnya, seperti masalah kriminalitas, munculnya sikap kecemburuan sosial, dan yang lainnya.

Ketimpangan dalam pendistribusian pendapatan dan tingginya tingkat kemiskinan merupakan masalah kesenjangan sosial ekonomi yang banyak terjadi di negara-negara berkembang. Untuk mencegah atau mengurangi masalah ini maka dibutuhkan perencanaan yang baik dalam hal pemerataan pembangunan, penyediaan lapangan pekerjaan, dan pemerataan kesempatan mendapatkan pendidikan yang baik.

  • Masalah Tindak Kejahatan atau Kriminalitas

Masalah sosial tindak kejahatan atau kriminalitas merupakan masalah yang paling mengganggu dan mengancam ketentraman masyarakat.  Beberapa contoh tindak kejahatan adalah pencurian, perampokan, korupsi, pembunuhan, penculikan, dan yang lainnya, dimana tindakan ini sangat bertentangan dengan norma hukum. Adanya masalah sosial ini erat kaitannya dengan masih adanya masalah kemiskinan, pengangguran, pendidikan, hingga kesenjangan sosial ekonomi. Oleh sebab itu, perlu adanya kerjasama yang baik oleh pemerintah, aparatur negara, dan masyarakat dalam upaya mengurangi masalah tindak kejahatan atau kriminalitas dalam kehidupan masyarakat.

  • Masalah Lingkungan Hidup
Baca Juga:   Jadilah Pengguna Media Sosial yang Cerdas dengan 5 Tips Ini

Lingkungan hidup merupakan salah satu unsur utama dalam berlangsungnya kehidupan bermasyarakat. Lingkungan hidup yang tidak aman dan tidak nyaman dapat memicu munculnya masalah-masalah sosial lainnya dalam masyarakat, seperti masalah tindak kejahatan atau kriminalitas dimana perkelahian, pertengkaran, dan tindakan lainnya terjadi. Sedangkan lingkungan hidup yang tidak kotor atau tidak bersih dapat menimbulkan masalah sosial kesehatan, seperti menyebar nya wabah penyakit, kurangnya ketersediaan air bersih, maraknya gizi buruk, serta terganggu nya keseimbangan ekosistem alam dan yang lainnya.

  • Kenakalan Remaja

Remaja dikenal sebagai generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat berkontribusi secara positif dalam memajukan negara, karena maju tidaknya suatu negara juga dapat dilihat dari tingkah laku generasi mudanya. Tetapi semakin banyaknya perubahan sosial yang terjadi semakin meningkat pula masalah sosial kenakalan remaja di masyarakat. Masalah kenakalan remaja merupakan salah satu masalah yang paling menonjol dari contoh kasus realita sosial  dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat disebabkan karena rendahnya kualitas pendidikan, faktor pengaruh lingkungan, dan kurangnya pengawasan orang tua. Masalah yang sering di lakukan oleh kaum remaja adalah tawuran, merokok, penggunaan obat-obat terlarang, dan kelakuan lainnya yang sering meresahkan masyarakat.

Itulah beberapa contoh masalah sosial dalam masyarakat. Bagaimanapun kondisinya, dalam sebuah lingkungan masyarakat pasti ada masalah-masalah sosial yang terjadi. Adanya berbagai masalah sosial tersebut dapat memberikan dampak bagi kehidupan masyarakatnya, dampak yang paling menonjol adalah dampak masalah sosial kemiskinan dan kriminalitas di masyarakat

Sebagai contoh seperti munculnya perilaku menyimpang bahkan hingga adanya perpecahan kelompok atau masyarakat. Sehingga dibutuhkan upaya nyata dalam pencegahan atau pengurangan masalah-masalah sosial muncul dalam masyarakat, misalnya dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya-upaya yang dilakukan. Pemerintah dan masyarakat perlu menentukan dan melakukan langkah cepat dalam mengatasi masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat agar tidak menimbulkan masalah-masalah sosial yang lainnya yang mungkin berkonteks lebih besar. Upaya-upaya yang mungkin dapat dilakukan seperti penyediaan lapangan pekerjaan, adanya penyuluhan atau sosialisasi, peningkatan kualitas dan kesempatan pendidikan, peningkatan fasilitas-fasilitas atau layanan sosial, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai contoh masalah sosial dalam masyarakat, semoga apa yang di jelaskan dapat membantu pemahaman kita mengenai masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

Sumber: Materiips.com

ADVERTISEMENT

Media Alternatif bagi masyarakat Indonesia dengan menyatukan TV/Radio/News/Online Shop yang berisi berita/artikel/opini/produk seputar masyarakat urban/perkotaan. UrbanBlitz® independen tidak berafiliasi dengan lembaga, instansi, kelompok & golongan tertentu.